Friday, February 4, 2011

SEO untuk Blogspot

Apakah SEO untuk blogspot sama dengan SEO untuk wordpress ? Pada prinsipnya, SEO dapat diterapkan untuk semua CMS tanpa terkecuali blogspot. SEO merupakan teknik optimisasi halaman web agar terindeks di search engine. Jadi SEO merupakan teknik secara umum. Menurut saya tidak terlalu banyak perbedaan, tetapi SEO untuk wordpress jauh lebih mudah, karena wordpress secara khusus sudah menyediakan plugins khusus untuk SEO, misalnya All In One SEO Pack, yang menjadi andalan saya selama menggunakan wordpress. Jika di blogspot, belum ada tool seperti di wordpress.

Secara khusus saya belum pernah membandingkan hasil SEO untuk blogspot dan wordpress dengan subdomain blogspot dan wordpress. Misalnya, tikjb.blogpsot.com dengan tikjb.wordpress.com. Dengan teknik yang sama, tingkat kecepatan terindeks di search engine akan berbeda. Yang saya lakukan selama ini lebih banyak SEO dengan nama domain dot com, yang jauh lebih mudah. 
Dapat dicek, hampir dua hari blog ini belum juga terindeks di google, padahal saya sudah submit ke beberapa search engine. Sedangkan untuk alexa-nya, blog ini baru berada di peringkat 25 juta, padahal untuk sebuah wordpress, rangking alexa pertama biasanya kurang dari 10 juta.

Blog ini akan saya optimisasi dengan kata kunci tik, tutorial komputer dan modul tik.Semoga dalam 1 minggu ini blog ini sudah terindeks, minimal di Google.

Salam,
Istiyanto

0 comments:

About Istiyanto

Istiyanto, guru TIK di SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Aktif nge-blog sejak akhir tahun 2007. Blog ini merupakan salah satu karyanya setelah Istiyanto.Com dan SoalMatematika.Com. Sampai sekarang masih menekuni dunia Blogging, E-Learning & SEO.

Foto Istiyanto